What really matter

Pertanyaan apakah yang sungguh berarti dalam hidupku, rasanya sudah sering kita dengar. Sayapun beberapa kali mengungkap pertanyaan yang sama. Namun pertanyaan ini memang sungguh menarik. Seiring perkembangan manusia, apa yang sungguh penting juga berkembang. Anda masing-masing bisa melihat apa yang sungguh-sungguh penting dan memiliki arti dalam hidup. 
Sewaktu masih anak-anak, pasti memiliki nilai yang dipandang penting, juga sewaktu remaja, pemuda, dan ketika menjadi orangtua. Apa yang dianggap penting dan bergun pasti berbeda. Ilmu pengetahuan, kemudahan mengakses informasi juga menjadi faktor yang penting untuk menentukan apa yang penting.
Contoh, bagi saya charger HP itu begitu penting. Ke manapun saya pergi, pasti saya membawa charger HP, atau membawa power bank. Beberapa tahun yang lalu benda ini tidak begitu penting bagi saya. Bahkan kalau ada bencana, pasti benda ini akan saya bawa untuk diselamatkan. Mungkin Anda tertawa, tetapi ini menjadi sebuah contoh sederhana bahwa sesuatu yang penting itu sangat sederhana bentuknya.
Marilah kita lihat contoh yang lebih besar. Jika kita disuruh memilih, manakah yang lebih penting, manusia atau binatang. Saya yakin pasti Anda akan memilih manusia sebagai 'sesuatu' yang lebih penting. Bagaimana kalau manusia itu dibandingkan dengan 2000 ekor babi? Manakah yang lebih penting? Bisa jadi ada yang memilih 2000 ekor babi lebih berharga dari pada satu orang.
Pengalaman itu pernah diterima oleh Yesus. Dia mengusir setan yang merasuki seorang lelaki. Karena kerasukan begitu lama, orang itu tinggal di kuburan, dia diasingkan. Kemudian dia bertemu dengan Yesus. Setan yang mau diusir itu minta agar dipindahkan ke kawanan babi, karena jumlah setannya sangat banyak, legion.
Nah, orang-orang kampung itu marah karena perbuatan Yesus telah mengakibatnya matinya kawanan babi tersebut. Orang-orang itu tidak melihat bahwa Yesus telah membebaskan orang dari cengkeraman setan. Mereka hanya melihat bahwa babi-babi mereka telah mati. Bagi mereka yang terpenting adalah babi. Orang yang terbebas dari setan tidak penting sama sekali.
Bagaimana dengan kita. Apakah yang terpenting dalam hidup kita? Pasti ada banyak. Tetapi jika kita diminta memilih satu saja, apakah yang sungguh penting? Kalau saya ditanya demikian, saya akan menjawab, "mendapat belas kasih Tuhan" adalah sesuatu yang penting. Karena itu memang sesuatu,pakai banget.

Hong Kong, 2 Februari 2014, 23.03





Comments

Popular Posts