Perlindungan Bunda

Tanggal 16 Juli menjadi hari istimewa bagi para karmelit. Bahkan bisa dikatakan menjadi hari terbesar bagi para karmelit. Mengapa hari itu menjadi istimewa? Dalam liturgi Gereja yang dirayakan adalah Santa Perawan dari Gunung Karmel. Namun sejatinya perayaan ini belum memberikan gambaran yang gamblang mengenai sejarah dan awal mula perayaan. Dari catatan sejarah, tanggal 16 Juli berkaitan dengan eksistensi ordo. Pada saat itu para wakil ordo mampu mempertahankan keyakinan dan tesis mereka melawan kelompok yang menghendaki karmel dibubarkan.

Apakah ada kelompok yang menghendaki karmel dibubarkan? Ada! Sebagai ordo/kelompok baru, kehadiran karmel dianggap bisa menggangu dan 'mengambil pasar' mereka. Secara ilmiah profesional, kemunculan para karmelit tidak bisa dihilangkan begitu saja. Harus ada moment dan alasan yang kuat untuk'menghilangkan' karmel dari Gereja.
Debat ilmiah. Itulah moment yang ditunggu-tunggu. Karmel diwakili oleh teolog/filsofnya,kelompok lain adalah teolog filsof dari Dominikan. Nah hari kemengan itu tiba pada tanggal 16 Juli. Para Karmelit meyakini bahwa itu adalah bukti perlindungan Bunda Maria. Kemenangan dari debat itu membuat karmelboleh melanjutkan keberadaannya. Sampaisekarang 16 Juli dikenang sebagaihari terbesar dalam Karmel, sebab tanggal itu adalah kenangan akan keberadaan karmel.
Perjalanan hidup selalu membawa kepada liku-liku yang mesti dihadapi. Dalam liku-liku itu terkadang kita mesti mempertahankan keyakinan kita. kemampuan kita mempertahankan pendapat/keyakinan akan sangat berkaitan dengan kelangsungan hidup dan identitas kita. Peristiwa itumesti kita rayakan. Bukan karena kehebatan kita, tetapi karena kita tidak sendiri. Dalam perjalanan senantiasa ada pribadi-pribadi yang membantu kita, salah satunya adalah Bunda Maria. Beliau terus mendampingi kita. Mengingatnya dan mohon bantuannya akan membuat kita tetap sebagai diri kita, murid Yesus yang setia, karmelit yang sejati.

Comments

KERAPU 06 PULSA said…
JEJARING PAK DHE......
MoRis HK said…
Ponakan, iki sopo?

Popular Posts